http://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117 https://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117

Halaman

Selasa, 02 Juli 2013

Globalisasi

            Istilah Globalisasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu globe yang berarti dunia atau bola dunia. Menurut asal katanya, Globalisasi diambil dari kata global, yang artinya universal. Globalisasi merupakan kecenderungan untuk menyatu dengan dunia terutama di bidang ilmu pengetahuan, technology, dan media. Orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi adalah Theodore Levitte pada tahun 1995.

            Belum ada kesepakatan yang pasti mengenai pengertian Globalisasi, tetapi hanya sekedar definisi kerja ( Working Definition ) sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya.

Adapun pengertian Globalisasi menurut beberapa tokoh sebagai berikut:

- Thomas L. Friedman
Globalisasi memiliki dimensi ideology dan teknologi. Dimensi teknologi, yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi technology adalah technology informasi yang telah menyatukan dunia

- Princenton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan

- Emmanuel Richter
Globalisasi merupakan jaringan kerja Globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.

- R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, saling ketergantungan, dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20

- A. G. Mc. Grew
Globalisasi mengacu pada keberagaman hubungan dan saling keterkaitan antar masyarakat yang membantu system dunia modern.
      A.G. Mc. Grew juga mengartikan bahwa Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

- Martin Albrown
Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

- Malcolm Waters
Globalisasi adalah sebuah proses social di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan social dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain

- Selo Sumardjan
Globalisasi adalah terbentuknya system organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti system dan kaidah yang sama.

- Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu ( benda atau perilaku ) sebagai cirri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

            Sebagian besar kalangan menyimpulkan bahwa globalisasi sebagai suatu proses social, proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan Negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar