http://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117 https://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117

Halaman

Rabu, 26 September 2012

Pengertian Internet dan Intranet

  1. Internet
           Internet adalah singkatan dari INTERCON-NECTED-NETWORKING. Internet ialah rangkaian computer yang terhubung didalam beberapa rangkaian, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internet working.
           Pengguna internet yang besar dan semakin berkembang telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam – macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, internet melambangkan penyebaran atau pengetahuan informasi dan data secara exstrim. 
           Selain itu, layanan email atau surat elektronik yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang hanya dengan cara yang sangat mudah.
Dengan memakai layanan internet, kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja, di mana saja, dan kapan saja (no limit, anywhere, and anytime). Kita tinggal masuk ke search engine dunia seperti Yahoo, Google, dan yang lain. Ketik kata atau kalimat yang ingin dicari, maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut.

  2. Intrane
           Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protocol – protocol internet (TCP/IP), untuk membagikan informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang – kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protocol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protocol yang sering digunakan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar