http://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117 https://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117

Halaman

Selasa, 18 September 2012

Microsoft Excel

           Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil.


           Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini
Istilah-istilah dalam Excel :


1.)  Work book atau buku kerja adalah file/document yang terdiri dari lembaran – lembaran (sheet) setiap work book terdiri dari 1 s/d 255 sheet. Berpindah antara sheet yang satu dan lainnya dapat dilakukan dengan cara klik pada nama pada bagian nama sheet dibagian work book.
2.)  Sheet atau work sheet (lembar kerja) terdiri dari 256 kolom yang diwakili oleh huruf (a,b,c,d,.....,aa,…..,IV), dan 65536 baris yang diwakili oleh angka (1,2,3,…..,65536) nama sheet dari :
Ø   Sheet (2,…..,255) dapat diganti atau rename, dengan cara klik kanan pada bagian nama sheet yang akan diganti.
3.)  Column atau judul kolom A s/d IV lembar kolom dapat diatur sesuai kebutuhan (max : 255).
4.)  Row atau judul baris 1 s/d 65536, tinggi baris dapat diatur sesuai kebutuhan (max : 409).
5.)  Cell atau sel, merupakan pertemuan antara kolom dan baris penyambutan alamat sel berdasarkan alamat kolom diikuti dengan baris. B1 artinya di kolom B pada baris ke 1.
6.)  Range atau sekumpulan sel atau cell group (D2 : D8, F2 : G4, dsb) penyambut alamat range seperti : halnya sel, karena range terdiri dari banyak sel maka penyebabnya dari alamat sel kiri atas s/d kanan bawah yang dipisahkan dengan benda “:”. Contoh : kumpulan sel yang dimulai dari D4 s/d H14 dinyatakan sebagai range D4 : H14 atau H14 : D4.
7.)  Sel aktif : sel yang ditunjuk oleh sel pointer.
8.)  Alamat sel : ada 3 macam
-        Relative / sel bebas, contoh    : A2, A2, B5
-        Semi absolute, contoh    : $A1, $A$1, $B$5


RUMUS DALAM EXSEL
ü   = (sUm) atau penjumlahan
ü   * (astering) atau perkalihan
ü   / (average) atau pembagian
ü   Max (jumlah terbatas)
ü   Min (jumlah terkecil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar