http://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117 https://go.ad2upapp.com/afu.php?id=889117

Halaman

Selasa, 15 April 2014

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

           Perangkat Lunak (Software) untuk mengakses internet dibagi menjadi 2, Software system operasi dan software aplikasi.

  1. Software System Operasi
Sistem operasi computer adalah software atau perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah computer. Tanpa system operasi, program atau aplikasi computer tidak dapat dijalankan. System operasi computer-lah yang menjadi perantara antara perangkat computer dan pemakai.
Saat ini, ada banyak system operasi, namun yang paling banyak digunakan adalah Windows, Linux untuk PC berbasis Intel, dan Mac OS untuk system operasi berbasis Macintosh. Pemilihan system operasi akan menentukan aplikasi apa yang digunakan.
  1. Software Aplikasi
Software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.
Untuk mengakses Internet, Software yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. Aplikasi Browser
Web Browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman – halaman website yang berada di Internet. Beberapa istilah yang sering muncul saat kita menggunakan web broser adalah sebagai berikut :
  1. Website : halaman-halaman web saling terhubung dalam suatu website.
  2. Homepage : halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai terhubung ke website – website yang lain
  3. URL (Uniform Resource Locator) : alamat unik pada suatu halaman web, yang digunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke computer yang mengaksesnya.
  4. WWW (World Wide Web) : Kumpulan dari dokumen – dokumen elektronik yang kemudian disebut web, tiap dokumen tersebut dinamakan web page.
  5. Portal : Web yang menyediakan berbagai jenis layanan, misal : pencarian, Olah Raga, Hiburan, Musik, dan sebagainnya
  6. HTML (Hyper Text Markup Language) : Sebuah bahasa standart yang digunakan oleh browser internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTML juga dapat digunakan sebagai link antara File – File dalam situs atau dalam computer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.
  1. Aplikasi Opsional
Selain Software Operasi & Software Aplikasi, ada pula perangkat yang opsional. Artinya, tanpa perangkat lunak demikian pengguna masih dapat mengakses internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar